NASA telah memilih Blue Origin dari Jeff Bezos untuk membangun pendarat bulan untuk misi Artemis mendatang ke bulan, badan tersebut mengumumkan pada hari Jumat. Sebagai bagian dari kontrak senilai $3,4 miliar, akan ada satu “misi demonstrasi” tak berawak sebelum demonstrasi berawak misi Artemis V tahun 2029 yang dijadwalkan, Menurut siaran pers.

Saat ini, rencana misi Artemis V adalah empat astronot melakukan perjalanan pertama ke stasiun luar angkasa Gateway dengan roket Space Launch System (SLS) NASA dan pesawat ruang angkasa Orion. Kemudian, dua astronot akan pergi ke Bulan dengan pendarat Blue Moon Blue Origin “untuk perjalanan kira-kira satu minggu ke wilayah kutub selatan bulan,” menurut NASA.

“Menambahkan mitra sistem pendaratan manusia lainnya ke program Artemis NASA akan meningkatkan persaingan, mengurangi biaya pembayar pajak, mendukung irama reguler pendaratan bulan, meningkatkan investasi dalam ekonomi bulan, dan membantu NASA mencapai tujuannya di dan sekitar bulan dalam persiapan untuk masa depan,” kata NASA. Misi Astronot ke Mars”.